Perempuan Lebih Kebal Terhadap Virus Human Papilloma Virus

0

Perempuan Lebih Kebalyang Terhadap berganti teman kencan, menurut sebuah penelitian cenderung justru memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengidap kanker leher dan mulut. Hal ini tentu bertolak belakang dengan hasil studi di mana lelaki yang memiliki banyak teman kencan lebih mungkin untuk terinfeksi virus Human Papilloma Virus (HPV) lewat seks oral.

 
“Penelitian kami menunjukkan bahwa untuk lelaki, jumlah pasangan seks oral yang dimiliki meningkatkan risiko infeksi HPV. Namun pada perempuan hal ini tidak mempengaruhi risiko penularan,” imbuhnya.

 
Ya, perbedaan risiko antara laki-laki dan perempuan, menurut peneliti Gypsyamber D’Souza dari Johns Hopkins University di Baltimore, Maryland AS, disebabkan karena perempuan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dalam melawan infeksi HPV yang mungkin ditularkan oleh pasangannya.

Perempuan-Lebih-Kebal-Terhadap-Virus-Human-Papilloma-Virus
“Tapi laki-laki tampaknya tidak memiliki respon imun yang sekuat itu,” imbuh D’Souza.
Tak hanya memiliki risiko lebih tinggi teinfeksi HPV dibandingkan perempuan, sistem tubuh lelaki lebih mungkin meningkatkan risikonya menjadi kanker. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa risiko penularan HPV juga lebih tinggi pada orang kulit putih paruh baya dibandingkan ras lain.

Asmaa Mubita is a Kenyan journalist of international repute with over fifteen years of experience in broadcast journalism. Asmaa Mubita began his journalism career at the Kenyan state broadcaster (KBC) and later worked at the KTN owned by the Standard Group and Citizen Television, the flagship brand of Royal Media Services. These exploits together with his reporting experience with the Voice of America, CNN and BBC have been rewarded with local and global recognition.